Gelar Karya Proyek P5 Tema 1 Tahun 2022 SMP Negeri 9 Surakarta

 

Gelar Karya P5 Tema 1 Tahun 2022 SMP Negeri 9 Surakarta

Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SMP Negeri 9 Surakarta kembali digelar. Gelar Karya di tahun 2022 ini diikuti oleh 2 tingkat kelas, yaitu kelas 7 dan 8 yang diselenggarakan bersamaan yaitu pada Kamis dan Jumat, (20-21/10/2022) di aula dan halaman sekolah. Tema 1 yang diusung kelas 7 adalah Gaya Hidup Berkelanjutan dan kelas 8 adalah Kewirausahaan. Kegiatan P5 ini berfokus pada pengembangan keterampilan dan karakter peserta didik, yaitu Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bergotong-royong, Berkebhinekaan Global, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif. Setiap Tema memiliki fokus pengembangan elemen masing-masing.

Gelar Karya P5 Tema 1 Tahun 2022 SMP Negeri 9 Surakarta
Gelar Karya P5 Tema 1 Tahun 2022 SMP Negeri 9 Surakarta

Kegiatan P5 kelas 7 yang mengusung tema Gaya Hidup Berkelanjutan melatih kepedulian peserta didik terhadap lingkungan mereka. Mereka berlatih membuat kompos organik, membuat taman kelas, memanfaatkan limbah kertas dan kain menjadi bahan kerajinan. Kreativitas mereka juga dilatih dalam membuat poster bertema lingkungan. Sedangkan, peserta didik kelas 8 banyak mendapat pelatihan wirausaha, seperti belajar membuat sapu, snack baquet, hingga membuat produk makanan sendiri.

Gelar Karya P5 Tema 1 Tahun 2022 SMP Negeri 9 Surakarta

Di akhir rangkaian kegiatan P5, kedua tingkat kelas menggelar Gelar Karya seni dan bazaar makanan di sekolah. Gelar Kary aini dihadiri oleh seluruh peserta didik, komite dan orang tua peserta didik. Melalui kegiatan ini, pihak sekolah berharap peserta didik dapat banyak belajar, mangasah keterampilan dan memiliki karakter-karakter baik sesuai tujuan pendidikan Indonesia yaitu menciptakan pelajar berprofil Pancasila. (Awp)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *