Pameran Hasil Karya Projek Penguatan PPP Sekolah Penggerak SMP Negeri 9 Surakarta

 

Pameran Hasil Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPP)
Kamis-Jumat (18-19/11/2021)

SMP Negeri 9 Surakarta menggelar Pameran Hasil Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPP) di aula sekolah, Kamis-Jumat (18-19/11/2021). Pameran yang mengusung tema Iklim Global tersebut berfokus pada nilai keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan cinta lingkungan. Kegiatan ini merupakan bagian dari progam Sekolah Penggerak yang diikuti SMP Negeri 9 Surakarta. Hasil karya Projek Penguatan PPP merupakan hasil pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar oleh peserta didik yang dibimbing oleh para guru. Melalui program Penguatan PPP, peserta didik dilatih untuk dapat memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila, di antaranya Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.

Pada ekshibisi tersebut dipamerkan hasil-hasil karya peserta didik kelas tujuh dalam bentuk tempat sampah, poster bertema lingkungan dan perawatan tanaman. Tempat sampah yang ditampilkan merupakan hasil daur ulang barang bekas, seperti kardus, kaleng dan botol. Poster-poster yang dipajang menunjukkan kampanye bertema peduli lingkungan. Tidak hanya itu, peserta didik juga memajang tanaman-tanaman yang mereka tanam dan rawat untuk dijadikan pemanis stan pameran. Semua hasil karya dalam pameran merupakan bentuk aksi nyata peserta didik dalam pencegahan pemanasan global dan kecintaan pada lingkungan.

Pameran Hasil Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPP)
Kamis-Jumat (18-19/11/2021)

 

Pameran Hasil Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPP)
Kamis-Jumat (18-19/11/2021)

Kepala SMP Negeri 9 Surakarta, Diah Pitaloka Handriani, S.Pd., M.Pd., berharap kegiatan ini dapat memberikan kemerdekaan dalam belajar. “Kami berharap kegiatan Projek Penguatan PPP memberikan kesempatan peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, interaktif dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan enam kompetensi dalam PPP.”

Pameran resmi dibuka Kamis pagi dengan acara simbolis pemotongan pita oleh Kepala Sekolah dan dilanjutkan dengan acara pameran dan pentas seni. Pengunjung pameran adalah peserta didik kelas tujuh dan delapan, serta beberapa perwakilan orang tua kelas tujuh. Setiap pengunjung akan melakukan voting untuk memilih karya dan stan terbaik.

Seperti yang disampaikan Kepala Sekolah dalam sambutannya bahwa setelah pemeran ini selesai, Projek Penguatan PPP di SMP Negeri 9 Surakarta masih akan berlanjut dengan tema-tema yang lain. “Kegiatan akan terus berkelanjutan dengan tema lain agar peserta didik tidak hanya cerdas dan pintar, namun juga terampil dalam menyelesaikan permasalahan dan berkakhlak baik.” Tema yang selanjutnya akan diusung adalah Bangun Jiwa Raganya dan Kearifan Lokal.

Pameran Hasil Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPP)
Kamis-Jumat (18-19/11/2021)

 

Pameran Hasil Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPP)
Kamis-Jumat (18-19/11/2021)

SMP Negeri 9 Surakarta terpilih sebagai satu dari 11 sekolah di Surakarta untuk mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP) yang merupakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Melalui kegiatan PSP, kepala sekolah dan guru-guru di SMP Negeri 9 Surakarta akan mengikuti pelatihan-pelatihan intensif yang diselenggarakan pemerintah untuk mendukung progam tersebut. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). (Awp)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.